Perbedaan Optical Zoom & Digital Zoom

Perbedaan Optical Zoom & Digital Zoom

Bagi anda yang hendak berniat untuk membeli kamera digital untuk berbagai keperluan, ada baiknya untuk membaca artikel ini. Pada pembahasan artikel sekarang kita akan belajar mengenai perbedaan Optical Zoom dengan Digital Zoom. Tapi sebelum kita masuk ke penjelasan mengenai perbedaan Optical zoom dan Digital zoom, alangkah baiknya apabila kita mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu Zoom ?. Zoom adalah Memperbesar (Zoom Out) / Memperkecil (Zoom In) Gambar, sementara menurut kamus English-Indonesia (kapanlagi.com) adalah
zoom --> n. meningkat; menanjak.
zoom --> v. ~ in memperbesar; ~ out memperkecil.
zoom --> v. meningkat, menanjak.
Sementara kita biasanya lebih sering mendengar kata "Optical Zoom" maupun "Digital Zoom" ini melekat pada produk untuk kamera Saku / Kamera Digital maupun Kamera pada Handphone, serta kamera - kamera lainnya.

Didalam Optical Zoom dan Digital Zoom memiliki suatu karakteristik perbedaan yang cukup signifikan, mungkin bagi seseorang atau beberapa orang yang belum terlalu mengerti perbedaan ini (termasuk saya..he he he :D) akan menganggap keduanya sama dan tidak perlu dipermasalahkan, namun apabila kita yang ingin belajar untuk menjadi seorang fotografer atau seorang desainer grafis mau tidak mau harus mengetahui akan perbedaan keduanya.

Disini akan diulas sedikit penjelasan mengenai perbedaan tsb :

DIGITAL ZOOM yaitu merupakan pembesaran gambar dari image yang telah tertampil oleh lensa (optic), jadi inti dari Digital Zoom adalah memperbesar tampilan gambar yang sudah ada dan terbidik oleh optic kamera, dan akibatnya apabila jika gambar itu terus di zoom maka akan semakin pecah (buyar).

OPTICAL ZOOM yaitu merupakan pembesaran gambar melalui optic lensa yang dipakai sehingga langsung dari lensa (optic) kamera yang dipakai, sehingga walaupun beberapa kali mengalami zooming gambar tidak akan pecah (buyar).



Kita ambil contoh disini terdapat 2 kamera bertuliskan:
- Kamera pertama memiliki spesifikasi fitur 40 X digital zoom 2 X Optical Zoom
- Kamera kedua memiliki spesifikasi fitur 10 X Digital Zoom dan 10 X Optical Zoom
Mungkin untuk sebagian orang atau beberapa orang yang belum terlalu mengerti akan perbedaan spesifikasi fitur dari 2 kamera tsb. Maka akan mempunyai anggapan bahwa kamera pertama lebih baik kualitas bidik gambarnya daripada kamera kedua, namun setelah kita mengetahui dan memahami arti dan perbedaan yang ada dari Optical Zoom dan Digital Zoom ini. Maka kita tidak akan salah lagi menentukan pilihan kamera yang hendak akan kita beli. Memang Zoom yang ditawarkan kamera pertama lebih baik dan besar dari kamera kedua namun di sisi lain Kita perlu juga mengukur nilai dari Optical Zoomnya, Optical Zoom kamera Pertama masih kalah dengan kamera kedua jadi walaupun kamera pertama mempunyai Digital Zoom 40 X bisa dipastikan gambar akan pecah jika memaksimalkan zoom pada kamera pertama, sedangkan di kamera kedua Walaupun menggunakan 10 X digital Zoom maka bisa dipastikan kualitas gambar akan jauh lebih baik daripada kamera pertama jika sama-sama diadu kualitas dalam pemotretan. Keunggulan kamera kedua juga bisa memotret objek yang jaraknya lebih jauh dari kamera pertama. Jadi jangan salah menentukan pilihan.

Semoga Bermanfaat...


Sumber Ref : ilmugrafis.com

1 komentar:

simple idea is a good action mengatakan...

Artikel Berbahasa Indonesia Terbaca Google Adsense. Mau?? ambil aja diblog saya..

Posting Komentar